Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Tips motret Kembang Api

Horeeeeee, tahun baru 2013 akan segera datang. Selain merenungkan apa yang telah terjadi di tahun 2012, kita juga harus mempersiapkan motret kembang api pada malam tahun baru. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk motret kembang api, jika tahu tips dan triknya. Mari kita simak.

Pra pemotretan
Posisi menentukan prestasi. Layak sebuah UAS, sering kali posisi kita motret menentukan hasil bagus tidaknya foto kembang api kita. Dalam mencari posisi, terdapat beberapa hal yang harus kita pertimbangkan:

Sumber kembang api. Kalau saya memilih posisi di dekat sumber kembang api, saya pasti hanya akan dapat kembang api dengan latar belakang langit. Kalau saya ingin menunjukkan identitas lokasi dan suasana sekitarnya, saya akan menjauh dari sumber kembang api.

Usahakan mencari posisi yang lain dari fotografer lain. Saya pernah melihat foto di sebuah koran nasional, fotografernya motret kembang api dari atas gedung, dan foto tersebut benar-benar beda dari foto yang ada di media lainnya.

Perlengkapan
Tripod. Benda yang satu ini mutlak di bawa. Jangan karena berat jadinya malas bawa tripod. Alasannya hanya satu, motret kembang apinya pake long shutter speed. Kalau tidak ada tripod ya monggo pake ganjal-pod, batu-pod, jok motor-pod, punggung-pod asal jangan iPod. Tidak perlu malu, karena dulu saya juga pake pod-pod tersebut.

Baterei. Kondisi bateri harus segar bugar lho, karena long shutter speed itu makan daya yang lebih daripada motret biasanya. Maka sangat disarankan buat nge-charge baterei kamera, termasuk baterei telepon genggam.

Jas hujan. Untuk mengantisipasi datangnya hujan disaat malam tahun baru, tidak ada salahnya membawa jas hujan atau payung.

Jaket. Mencegah lebih baik daripada mengobati, daripada paginya masuk angin mending bawa jaket yang agak tebel dikit.

Kamera. Apapun jenis kameranya, entah itu poket, analog, dslr, pastikan anda membawanya saat malam tahun baru. Jangan lupa mengkosongkan memori card terlebih dahulu.

Teknis pemotretan
Setting kamera. Saya selalu motret kembang api menggunakan mode Manual. Terakhir saya motret kembang api di Darling Harbour, saya menggunakan ISO 100, f/18, speed 4 detik. Namun kakak saya menggunakan ISO 100, f/22, speed 30 detik dan hasilnya juga bagus.
Punya kakak saya kembang apinya lebih panjang karena dia menggunakan shutter 30 detik, sedang foto saya ini settingnya: ISO 100, f/18, s 4 detik.
Test shoot. Jika anda masih bingung dengan setting kamera, alangkah lebih baik melakukan tes terlebih dahulu. Mintalah teman anda melakukan light painting dengan menggunakan senter, set kamera di tripod dengan setting Manual ISO 100, f/11, s 10 detik, latar belakang tentu saja gelap (saat malam hari). Sekali anda puas dengan hasil test anda, maka setting tersebut bisa dipakai saat motret kembang api.

Vertikal atau horisontal? Nahhh ini sangat tergantung lebar lensa anda, jika cukup lebar ya monggo pake format horisontal. Usahakan 2 format tersebut anda dapatkan, karena saya merasa agak bosan dengan foto-foto vertikal kembang api saya, sedang kakak saya komplit, vertikal dan horisontal, jadi kakak saya pulang dengan variasi foto yang lebih banyak.
Karena tingginya letupan kembang api tidak bisa diperkirakan, maka foto saya ini banyak ruang kosong di langit, namun saya tetap pada posisi seperti ini untuk mendapatkan kembang api yang lebih tinggi lagi. Setting: ISO 100, f/13, s 4 detik. 
Menekan shutter. Saat terbaik untuk menekan shutter adalah saat kembang apinya keluar dari markasnya. Biasanya mereka butuh 1-2 detik untuk mencapai puncaknya sebelum menyebar menjadi jilatan api yang indah nan menawan, dan akan disusul dengan jenis kembang api lainnya. Jadi setidaknya membutuhkan waktu 4 detik dalam setting shutter speed kamera anda. Jangan ngawur dalam menekan shutter, karena hasilnya nanti akan

Saat Kembang Api datang
Konsentrasi bung! Ada perasaan senang, kagum, terpesona, teriak-teriak, kerasnya suara terompet dan riuhnya suara tepuk tangan saat kembang api muncul. Itulah tahun baru, dan anda harus tetap berkonsentrasi untuk mendapatkan foto yang bagus sembari merayakan detik demi detik tahun baru dengan rekan-rekan anda. Jangan sampai kamera anda tersenggol oleh teman anda.

Kesimpulan
Perlu diingat, kembang apinya cuman sebentar dan setahun sekali, jadi menghasilkan foto kembang api yang bagus merupakan kesempatan langka.

Tetap semangat
tetap fokus

2w_^
0 Komentar untuk "Tips motret Kembang Api"

Back To Top