Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Tips Resize File: dari file kecil ke file besar

Saya pernah mengalami hal konyol yang sering terjadi di era fotografi digital, yaitu kehilangan file orisinil. Padahal file foto tersebut akan saya buat pameran foto Stage pada waktu itu. Yang ada hanya foto diatas dengan ukuran 463Kb dengan dimensi pixel 1969 x 1318. Apakah file ini cukup bagus untuk di cetak ukuran 16Rs (40cm x 60cm)? Mari kita simak tips dalam resize file yang kecil.
Syarat pertama adalah jangan di Crop. Ini adalah syarat pertama, karena ukuran dimensi pixel sudah kecil. Artinya tidak banyak informasi pixel yang tersimpan di dalam foto tersebut. Saya menggunakan Photoshop Cs5 dalam tuurial kali ini. Mari kita simak screenshoot berikut:

Duplicate
Dalam Photoshop, Klik Menu Image - klik Duplicate. Setelah itu beri nama yang beda dengan file sebelumnya. Tujuan dari duplicate adalah agar file orisinil tetap ada.perhatikan.

16 Bits/Channel
Klik Image - Mode - 16 Bits/Channel. Dengan mengganti ke 16 bits/channel, maka photoshop akan menggandakan informasi yang ada dalam setiap channel ke 16 bits. Yang akan terjadi adalah Doc size akan menjadi 2 kali lipat.

Resize, Resampling
Klik Image - Image Size. Lalu akan muncul kolom lagi, pilih resampling Bicubic Smoother (best for Enlargement). Lalu ganti angka pixel sisi yang terpanjang ke 3000 pixel. klik OK.

Smart Sharpening
Langkah berikutnya adalah smart sharpening. Klik Filter - Sharpen - pilih Smart Sharpen. Lalu akan muncul kolom smart sharpen. Ubah pada pilihan advanced, lalu ganti konfigurasi seperti gambar dibawah ini.

Setiap kali resize, pastikan anda melakukan smart sharpening. Lakukan kedua langkah tersebut sampai pada perbesaran yang diinginkan. Pada contoh ini saya berhenti pada pixel sisi terpanjang 6000, karena ukuran dokumen sudah mencapai 63cm pada sisi terpanjang. Hasil cetakan 16Rs saya pakai untuk pameran Stage, dan lumayan bagus hasil cetakannya. Hasilnya sebagai berikut: Foto yang atas merupakan hasil resize dan foto dibawahnya adalah foto file kecil originalnya.

Semoga bermanfaat.
Tetap Semangat.

2w_^
Tag : editing, tips
0 Komentar untuk "Tips Resize File: dari file kecil ke file besar"

Back To Top