Monday, January 14, 2013

Revolusi Fotografi: menghasilkan Foto Highres dari Video Eos-1D C

Sumber Foto
Pernah dengar rumor bahwa Canon merilis kamera baru dengan nama Canon Eos-1D C? Kamera tersebut memiliki resolusi sebesar 4K, memang dibuat untuk keperluan film maker. Dari benda canggih ini, terdapat sebuah revolusi yang cukup mengerikan.
Dengan kemampuan merekam video 24 fps 4K (4096x2160), kita bisa mengambil sebuah foto resolusi tinggi (dengan dimensi pixel 4096x2160) dari sebuah video. Sebuah video karya Untitled Fim Work yang diposting di Vimeo 2 minggu lalu menunjukkan betapa hebatnya kamera ini. Dalam video tersebut, kamera Eos-1D C ini diberikan kepada para profesional di bidangnya masing-masing. Mulai dari film maker, fotografer wild life, fotografer wedding, dan fotografer portrait.
sumber foto
sumber foto
Untuk menguji kemampuan kamera ini, para profesional tersebut mencetak foto dari video yang mereka ambil. Ukuran cetak fotonya juga tidak tangung-tanggung, segede 20RS lebih kali kalau saya lihat di videonya. "I don't know either be scared or become really exited..." ujar Ryan Schembri sesaat setelah melihat hasil Print. Begitu pula dengan Sue Bryce, fotografer fashion ternama di Sydney. "Its really amazing..." ujar Sue. Yang menjadi dilema adalah letak falsafah fotografi. Dengan menggunakan kamera ini, kita cukup membuat video lalu jika ada momen yang pas dan dramatis pula, cukup di "Pause" dan di convert menjadi file JPEG resolusi tinggi.

Silahkan simak videonya berikut:

Micro Expressions: exploring motion image photography from untitled film works on Vimeo.

Kesimpulan
Meskipun teknologi ini dikhususkan untuk videografi, namun perkembangan teknologi yang satu ini (bagi sebagian orang) akan mempersempit falsafah fotografi, dimana dengan medium fotografi kita bisa menangkap momen dan membekukan sejarah menjadi sebuah visual berupa foto. Apakah "pause" bakal menggeser "cekrekkkk"?

Tetap semangat
2w_^

No comments:

Post a Comment