Monday, October 8, 2012

Photoshop CS6: mengenal Color Lookup


Salah satu adjustment baru dalam photoshop cs6 adalah Color Lookup. Tampaknya adjustment ini merupakan penambahan Photo Filter pada photoshop versi-versi sebelumnya. Color Lookup hadir dengan memberi efek yang cukup menyenangkan.
Color Lookup merupakan satu-satunya tambahan adjustment di CS6.
Dalam cs6 color lookup sudah seperti preset atau action. Terdapat 3 jenis color lookup, yaitu 3DLUT File, Abstract dan Device Link. Mereka punya banyak pilihan di dalamnya.

Foto diatas merupakan contoh efek yang saya pilih dari panel 3DLUT. Perubahan warna, mood dan kontras terlihat sekali. Cukup satu adjustment foto sudah menjadi berbeda. Simpel ya. Menurut perasaan saya, beberapa efek yang dihasilkan seperti suasana di film-film gituu, apalagi yang foggynight. Anyway, selamat datang Color Lookup.

Setiap perubahan pasti ada alasannya kan, saya penasaran dengan nama ekstensinya, yaitu . (dot) 3DL dan 3DLUT, karena pas saya cari file-file itu dalam direktori Presets --> 3DLUTs, ekstensi mereka tidak sama dengan ekstensi preset-preset pada umumnya. LUT itu kependekan dari Lookup Table File. Menurut forum di Adobe, file-file LUT digunakan untuk dalam industri film sebagai cara terbaik untuk menerapkan koreksi warna yang sama dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain. Fitur ini dirancang untuk film dan industri video yang memiliki file Lut tersendiri, menurut forum di Adobe, saat ini tak ada cara untuk membuat file Lut di Photoshop.

Semoga bermanfaat
tetap semangat
2w_^

No comments:

Post a Comment