Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Jangan Beli/pesan Nikon D600 dulu!!!



Sumber Foto
Nikon D600 digadang-gadang sebagai kamera full frame (FF) dengan harga yang terjangkau. Bagi saya ya masih sangat amat mahal, lha harga body only berkisar antara $2000 - $2400. Dengan duit segitu bisa dapat 7D + 1 lensa L series. Lantas mengapa judul tulisan saya ini "Jangan Beli Nikon D600 dulu?"

Kamera dengan teknologi baru pasti semua-muanya baru. Yang paling bikin pusing adalah mencari software buat mengedit file RAW dari D600. Baik CS5 maupun CS6 tidak bisa buka, padahal Adobe Camera Raw di CS5 dan CS6 saya sudah upgrade ke ACR 7.1.

Ternyata finder di mac juga tidak bisa baca format NEFnya D600. Biasanya di finder keluar preview kecil kalo nge-klik file-file RAW kamera saya (7D), nahhh dengan sangat saktinya RAW dari D600 tidak terbaca oleh finder, artinya OS-ku yang kurang canggih kali ya??


Besar file RAW D600 ini sekitar 30Mb, JPEG Large Fine sekitar 9-18Mb, jelas kita membutuhkan harddisk eksternal 1T untuk mem-backup file-file foto. Btw, saya file nikon D600 tersebut saya download di sini. Niat abis download itu mau ngetest bagaimana kualitas foto pada RAW filenya,, ehhhh malah ndak bisa di buka. 

Selidik punya selidik, saya mencoba pergi ke webnya adobe yang tertera pada warning cs6 di atas. Dan memang jenis kamera Nikon D600 tidak termasuk dalam RAW file yang bisa di buka di ACR 7.0.


Denger-denger gosip dari blog-blog tetangga juga menyatakan kegundahan yang sama, bahkan lightroom 4.01 juga tidak bisa membuka RAWnya D600. Menurut forum lightroom, ACR selalu update per 10 atau 15 minggu. Jadi mungkin update ACR yang terbaru bakal muncul bulan Desember 2012, dan kemungkinan sudah bisa untuk membaca RAWnya D600, atau bahkan Canon 6D (yang di rilis bulan Desember tahun ini).

Kesimpulan
Jangan beli Nikon D600,  mending beli Sony Nex7 (lho???). Kalo mau beli atau pesan mendingan tunggu sampai Adobe merilis update buat ACR yang bisa membaca format RAW D600.

Tetap Tersenyum
2w_^
Tag : infotografi
0 Komentar untuk "Jangan Beli/pesan Nikon D600 dulu!!!"

Back To Top