Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Komposisi: Kenali Aturan 1/3

Komposisi itu penempatan elemen-elemen visual dalam satu frame  sehingga enak dilihat. Elemen tersebut mencakup garis, warna, texture, bentuk, serta ruang kosong. Tujuan utama komposisi adalah memunculkan figur objek utama yang menjadi pusat perhatian serta menciptakan keseimbangan dalam sebuah foto, dan aturan itu disebut aturan sepertiga.

Aturan sepertiga
Membagi frame menjadi tiga bagian horizontal dan vertikal memudahkan kita dalam komposisi. Tujuan utama dalam aturan sepertiga adalah menciptakan keseimbangan dalam satu frame. Foto siluet diatas menempatkan objek tepat pada garis 1/3 vertikal. Siluet orang ada di garis A-C dan siluet layang-layang ada di garis B-D. Komposisi seperti ini menciptakan kesan seimbang dalam sebuah foto.

Mari kita lihat contoh yang lain. Penempatan kepala si belirina berada di daerah nomer 5, artinya tengah-tengah dari sebuah foto. Penempatan objek paling simpel adalah di tengah. Proses belajar sayapun banyak menempatkan objek utama di tengah, bahkan sampai sekarang saya suka dengan objek yang ada ditengah, karena sangat menarik perhatian mata. Untuk mengasah kemampuan komposisi kita, maka tempatkanlah objek utama di daerah 1-9, di titik A-D serta pada perpotongan A-C dan B-D.

Kesimpulan:
Aturan ini sangat umum digunakan, dan hampir diterima oleh semua fotografer. Aturan ini sebagai panduan dasar komposisi. Kekuatan dari aturan 1/3 ini adalah foto akan tampak seimbang dan dinamis. Karena aturan itu kebanyakan dilanggar, maka belajarlah komposisi 1/3 terlebih dahulu sebelum melanggar peraturan ini.

Semoga bermanfaat
2w_^
0 Komentar untuk "Komposisi: Kenali Aturan 1/3"

Back To Top