Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Landscape: yang Dinamis yang Manis

Banyak jalan menuju Roma, banyak jalan pula menghasilkan foto yang dinamis. Pada dasarnya adalah komposisi yang memiliki andil yang sangat besar dalam menghasilkan sebuah foto yang dinamis, lalu didukung dengan kemampuan teknis yang baik. Namun dibalik itu semua, terdapat beberapa aspek yang memiliki peran untuk menghasilkan foto dinamis yang manis. Berikut tipsnya:

Garis Imajiner. Salah satu elemen utama dalam fotografi adalah garis. Jika kita mampu menciptakan garis imajiner dalam foto landscape kita, maka hasilnya akan lebih dinamis. Fungsi dari garis imajiner adalah untuk menuntun pandangan mata kepada sesuatu. Foto dibawah in adalah salah satu usaha saya untuk menciptakan garis imanjiner, namun kurang kuat karena garis imajiner tersebut hanya membawa pandangan mata ke arah kanan foto ini. Teknis foto f/22 speed 8 ISO 100.

Perspektif. Jika anda melihat hamparan landscape dengan mata telanjang, yang anda dapatkan hanya yang ada di depan mata anda. Namun ubahlah perspektif visual anda dengan melihat sisi-sisi lain lokasi dimana anda berdiri. Foto dibawah ini adalah hasil refleksi yang unik. Dengan memposisikan kamera hampir sejajar dengan permukaan air, lahir foto dengan perspektif yang lebih menarik dari pada langsung memotret gedung di dekat pantai tersebut. Teknis foto f/2,8 speed 1/50 ISO 400

Foreground. Percantiklah foto landscape anda dengan foreground yang mendukung, tapi bukan asal foreground. Biasanya objek yang sering dipakai sebagai foreground adalah bunga. Saya sendiri juga menggunakan bunga sebagai contoh foto. Foto ini memanfaatkan bunga sebagai foreground dan bias cahaya matahari sebagai background. Teknis foto adalah f/7.1 speed 1/320 ISO 200.

Warna. Tidak bisa dipungkiri warna yang vivid akan selalu menarik perhatian. Untuk mendapatkan warna yang keren pada foto landscape, motretnya harus pada saat twilight. Pada saat matahari baru saja terbenam, jika pas beruntung akan mendapatkan nuansa senja/twilight seperti foto dibawah ini. Teknis foto f/7.1 speed 4 detik dan ISO 400.

Objek. Memasukkan objek juga memiliki andil dalam sebuah foto. Jika kita perhatikan foto dibawah ini, ada 2 orang yang bedara hampir di ujung teluk. Momen ini menambah nilai dari foto ini, kedua orang ini sama-sama menikmati indahnya landscape yang ada. Teknis foto adalah f/8 speed 1/400 ISO 100.

Kesimpulan:
Elemen fotografi yang digunakan disini adalah garis, warna, objek, serta komposisi. Perpaduan dari 4 elemen ini minimal bisa membuat foto landscape kita jadi lebih dinamis.

Semoga bermanfaat,
2w_^
0 Komentar untuk "Landscape: yang Dinamis yang Manis"

Back To Top