Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Stage Photography: vocalist style

Vokalis selalu saja dinamis, seperti saya yang narsis saat di Hotel Aston Balikpapan. Hayo tebak saya lagi nyanyi lagu apa? Foto oleh Andy Prabowo.

Saya memang penggemar PeterPan (bukan karena ada kakak Pan), saya suka Naif, saya suka lagunya Wai Rejected yang berjudul Simon Says She was Beautiful, saya juga suka Gigi, Rossa, Nymphea, Dewa19, ERK, Tani Madju, OASIS, Cake, Barcelona Band, The Beatles, Paramore, Linkin Park, Coldpaly, U2, Mr Big, Katy Perry dan tentu saja Bon Jovi. Karena lebih suka narsis, saya gagal jadi vokalis.

Tak bisa dipungkiri, setiap kali kita motret panggung terkadang kita hanya terpaku oleh sang vokalis. Apalagi kalo yang konser bukan sebuah Band, ya otomatis sang vokalis yang menjadi foto utama. Ehmmmm, kadang iya kadang tidak. Nah kalo saya, ternyata agak condong ke vokalis. Fakta dalam folder saya menyebutkan antara 40-50% adalah foto sang vokalis dalam setiap folder foto panggung saya. Ehmmm,,, mengapa begitu ya? Vokalis memang memiliki daya tarik tersendiri.

Kemampuan komunikasi antara vokalis dengan penonton sangat menentukan hidup tidaknya sebuah konser. Sebut saja David, sang vokalis nyentrik energik dari NAIF. Dia selalu bikin para penonton tertawa, bergoyang, berteriak dan mengikuti apa yang dikatakan David. Selain itu fashion yang mereka kenakan sangat variatif dari konser satu ke konser yang lain.

Dua foto ini sebenarnya ada dalam folder project Diptych Laloe Kini, salah satu long term project. Foto sebelah kiri adalah pose David saat konser di UMM tahun 2003 dan yang sebelah kanan saat konser di tempat yang sama tahun 2008, atau 5 tahun kemudian.  Dan ternyata ada gaya David yang serupa.


Sebagai salah satu penggemar OASIS, saya tahu betul kalau Laim sering kali menyanyi dengan pose kedua tangan di belakang. Foto sebelah kiri (2007) adalah Oddy sang vokalis Wai-Rejected, salah satu Indie band yang TOP. Karena saya ingat gaya Liam, makanya saya tertarik untuk motret gaya bernyanyi Oddy. Sumber Liam Gallagher.

Cara memegang mic selalu saya perhatikan dalam setiap konser. Salah satu vokalis yang cara pegang mic dengan unik adalah Ariel. Foto sebelah kiri adalah konser di Malang tahun 2003, dan foto yang kanan tahun 2007 di kota Malang juga. 4 tahun berlalu namun gaya Ariel dalam memegang mic masih tetap sama, yaitu jari manis selalu berada di bawah mic.

Dari 3 rangkaian foto diatas menunjukkan bahwa vokalis memiliki ciri khas tersendiri. Jika anda sering motret panggung, maka silahkan ublek-ublek file anda dari band atau artis yang sama di tahun yang berbeda. Temukan keunikan sang vokalis saat konser.

Semoga bermanfaat
2w_^

Kredit foto Liam Gallagher: http://www.nme.com/news/beady-eye/57857
0 Komentar untuk "Stage Photography: vocalist style"

Back To Top