Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Elemen Fotografi: subyek utama

Guru bahasa inggris saya pernah bilang, "One paragraph for one idea please!!! If you want your readers understand what you are talking about, do not mix idea in one paragraph!" Foto itu layaknya seperti sebuah paragraf, terdapat subyek utama didalamnya. Setiap paragraf yang baik itu mewakili satu ide saja. Begitu pula dengan sebuah foto, 1 foto baiknya mewakili cerita 1 subyek utama.

Jika kita ingin foto bisa bercerita dan berbobot maka elemen fotografi yang harus penting untuk kita telaah adalah Subyek Utama. Subyek adalah pokok pembahasan, dalam fotografi subyek utama adalah obyek dalam sebuah foto yang mempunyai nilai paling kuat dalam sebuah frame. Nilai dalam hal ini adalah gabungan dari kekuatan dan dampak dari obyek tersebut yang membuat anda merasa tertegun, tertawa, senang, sedih, merinding, teringat masa lalu, teringat seseorang, tergugah atau minimal anda tersenyum.
f/9 Speed 1/250 ISO 200. Foto saya ini secara komposisi mungkin terlalu kaku, namun saya suka dengan momennya, dimana ada 2 orang remaja, yang satu duduk, yang satu lagi jungkir balik. Sesuatu yang kontras membuat momen ini jadi lebih menarik.
3 hal yang membuat subyek utama menjadi kuat adalah momentum, konten dan teknis fotografi.
Momentum: mendapatkan foto dengan momentum yang tepat membutuhkan kesabaran dan latihan melihat. Intinya kita harus peka saat motret apapun. Foto wedding sangat mutlak membutuhkan foto dengan momentum yang tepat, karena wedding itu sekali seumur hidup bagi klien. Foto landscape juga harus dilakukan disaat yang tepat kan, golden hour, blue hour dan saat twilight, bahkan malam hari. Bagi foto-jurnalis, ketepatan momen adalah segalanya. Untuk mempelajari tentang bagaimana mendapatkan momentum yang tepat, membaca bukunya Henri Cartier Bresson tentang "The Decision Moment" adalah pilihan tepat.
Konten: semua foto yang kita hasilkan pasti memiliki isi atau pesan yang ingi disampaikan. Namun apakah semua foto bisa menyampaikan pesan dengan gamblang? Foto yang memiliki subjek utama yang jelas akan jauh lebih efektif menyampaikan pesan daripada foto yang memiliki banyak subjek.
Teknis: ujung-ujungnya teknis pula yang mempengaruhi cara berkomunikasi sebuah foto. Teknis fotografi adalah sebuah pengantar antara foto dan pemirsanya.
f/8 speed 1/1000 ISO 200. Dari foto ini terdapat orang-orang mancing, laut biru dan skyline kota. Yang menjadi subjek utama dalam foto ini adalah orang mancing. Laut dan skyline kota menjadi pelengkap. Momen mancing seperti ini akan didapat saat weekend. Secara teknis foto ini lebih baik menggunakan diafragma 4 atau 2.8 untuk memisahkan latar belakang dengan subjek utama.
Kesimpulan:
Setiap foto pasti memiliki suatu pesan, tinggal bagaimana kita menampilkan pesan tersebut dalam sebuah frame. Terlepas dari konten atau pesan yang mau disampaikan dalam sebuah foto, teknis juga yang mempengaruhi cara bertutur anda lewat sebuah foto.

Semoga bermanfaat.
2w_^
0 Komentar untuk "Elemen Fotografi: subyek utama"

Back To Top