Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Stage Photography: Ekspresi

Ekspresi merupakan ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup semua nuansa tempo, dinamik dan warna nada dari unsur-unsur pokok musik dalam pengelompokkan frase (frasering) yang diwujudkan oleh seniman musik atau penyanyi atau disampaikan pada pendengarnya. Begitu menurut Wahyu Sri Utami dalam ulasannya di Kompasiana.

Setiap musik memiliki karakter sendiri-sendiri. Ada lirik-lirik tertentu yang membuat para vokalis sangat ekspresif. Band-band dengan aliran rock pasti memiliki karakter vokalis yang ekspresif, seperti Slank, Serius, /rif dan Saint Loco. Nada-nada tinggi nan melengking selalu mewarnai musik rock. Tugas kita sebagai fotografer panggung salah satunya adalah menangkap momen saat mereka sedang mengeluarkan ekspresinya. Biasanya ekspresi vokalis akan sangat bagus ketika mereka menyanyikan lagu yang memiliki nada tinggi. Bukan hanya saat bernyanyi. Terkadang vokalis sangat ekspresif ketika berkomunikasi dengan para penonton.




Berdasarkan pengalaman saya motret konser, untuk mendapat ekspresi dari sang vokalis, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan:

  1. Kenali dahulu karakter lagu dari sang musisi atau band yang sedang konser.
  2. Ingat-ingat judul yang mengandung suara melengking atau bernada tinggi.
  3. Saya lebih suka menggunakan Spot Metering.
  4. Ingat komposisi (biasanya kalo pas momennya bagus, saya sering kelupaan komposisinya).

Kesimpulan:
Membekukan ekspresi para musisi dalam sebuah frame menjadi tugas penting para fotografer stage, mengingat para musisi telah mengerahkan semua tenaga, daya, gaya, dan ekspresinya saat konser. Pecinta musik dan fotografi, yuk ramai-ramai membingkai ekspresi para musisi dalam sebuah foto.

Semoga bermanfaat
2w_^
0 Komentar untuk "Stage Photography: Ekspresi"

Back To Top