Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Foto Siluet: sedapnya objek gelap

Teknik siluet bisa saja mempercantik sebuah foto. Pada dasarnya siluet adalah foto yang memiliki objek utama gelap dengan background yang terang. Objek utama gelap karena objek tersebut membelakangi arah dari sumber cahaya, atau sering orang bilang karena backlight. Foto diatas adalah foto siluet pertama saya saat belajar menggunakan kamera film. Membuat foto siluet cukup mudah, seperti yang saya gambarkan dalam sketsa di bawah ini.


Bentuk OBJEK. Yang menjadi poin utama dari foto siluet adalah bentuk objeknya. Karena itulah kita harus mencari objek yang menarik untuk dijadikan siluet. Tidak perlu jauh-jauh ke pantai untuk menghasilkan foto siluet yang keren. Cukup di sekitar kita, bisa dahan-dahan, pohon, anak-anak bermain sepakbola.

Momen dan Background. Salah satu syarat utama dari foto siluet adalah pemilihan background yang terang. Bukan hanya sekedar terang, namun juga menarik. Background yang keren plus momen yang tepat akan membuat foto kita lebih enak dipandang. Background bisa saja langit senja, reklame, lampu sorot. Foto dibawah ini, saya memilih background reklame. Tinggal saya menunggu momen yang tepat, yaitu saat ada orang-orang lewat. Sedang foto siluet selanjutnya adalah ketepatan momen dan komposisi. Saya sengaja mengkomposisikan agar kepala berada tepat menutupi matahari.
Selain itu, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan saat motret siluet:
  1. Carilah objek utama seperti pohon atau aktifitas manusia untuk dijadikan foto siluet.
  2. Bentuk siluet dari objek utama akan lebih baik jika terlihat jelas.
  3. Perhatikan posisi matahari, dan harus berada dibelakang objek yang mau kita bikin siluet.
  4. Lightmeter di-normalkan di sekitar sumber cahaya. Bisa juga di-under-kan 1-2 stop.
  5. Jangan terpaku pada satu objek utama, perhatikan detail-detail sekitar objek utama yang kemungkinan bisa menjadi siluet. Terlalu banyak objek yang siluet terkadang kurang bagus.
  6. Karena selalu menantang sumber cahaya, perhatikan zona-zona bayangan, jangan sampai zona itu ikut menjadi siluet.
  7. Utamakan porsi daerah yang non-siluet, seperti langit. Terlalu banyak daerah gelap (nge-blok hitam) terkadang kurang enak dilihat.
  8. Komposisi background dan objek utama harus seimbang.
  9. Terus motret sampai dapat siluet yang mantap.
Semoga bermanfaat dan tetap semangat!!!
2w_^
0 Komentar untuk "Foto Siluet: sedapnya objek gelap"

Back To Top