Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Bedah Foto: Rim Light

Rim light biasa kita lakukan saat di studio. Kadang kala jika matahari sangat terik, kita bisa membuat foto dengan rim light yang tak kalah dengan foto studio. Logika rim light adalah apabila terdapat sumber cahaya yang kuat berada di samping, agak samping, dan di belakang objek, maka di permukaan terluar objek tersebut akan muncul rim light. Foto diatas, cahaya matahari datang dari samping.

Secara teknis fotografi, saya mengukur exposure di wajah yang terkena matahari. Apakah foto ini adalah buah pemikiran sesaat? Tidak. Sebelum memotret foto ini, mode kamera saya pada posisi Av, bukan manual. Ketika saya lihat dengan kasat mata, terdapat rim light di baju dan wajah mereka, saya ganti mode M dan saya setting f/8 speed 1/250 ISO 100.
Foto sebelah kiri menggunakan mode Av, saya bisa maklumi kalau hasil di mode Av akan terang semua dan itu bukan yang saya inginkan. Foto sebelah kanan pas dengan kemauan saya. Kira-kira dari 2 foto ini turun berapa stop? Speed 1/60 ke 1/250 itu 2 stop, f/5,6 ke f/8 itu 1 stop, jadi total saya turunkan 3 stop untuk menghasilkan foto dengan efek rim light.

Semoga bermanfaat.
2w_^
Tag : Bedah Foto
0 Komentar untuk "Bedah Foto: Rim Light"

Back To Top