Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Apa itu Pixel?

Tahukah kamu apa itu pixel ?
Kata Pixel memang tidak asing di telinga kita. Paling sering kita dengar adalah berapa besar pixel pada kamera digital. "Kamera D7000 itu berapa mega pixel sih? gede mana ama 60D?". Sering saya denger pertanyaan seperti itu dari teman-teman. Cukup penasaran selama ini dengan pixel, karena saya belum pernah mencari tahu apa itu pixel sebenarnya. Rasa penasaran saya jadi hilang setelah saya ikuti kuliah online gratis di coursera. Adalah bung Parlente yang mengenalkan apa itu pixel dengan gamblang. Nahhh, pelajaran dari bung Parlente inilah yang mau saya share tentang apa itu PIXEL.
Pixel berasal dari dua kata PICture dan ELement, lalu digabung dengan nama populer PIXEL. Pixel adalah unit terkecil pembentuk imaji, berbentuk kotak dan memiliki kode intensitas warna. Untuk lebih mengetahui seperti apa pixel itu, ikuti langkah berikut:
1. Buka photoshop versi berapapun.
2. Buka file foto dengan format JPEG, dari kamera apapun, foto apapun.
3. Zoom foto tersebut sampai 3200% atau sampai tidak bisa di zoom.
4. Akan terlihat kotak-kotak kecil dengan warna tertentu kan.
5. Aktifkan panel Info.
6. Arahkan saja pointer/crusor ke salah satu kotak pixel
7. Lihat Panel Info, akan memberi tahu setiap kode pada setiap pixel.
8. Tiap pixel memiliki kode yang berbeda-beda, baik RGB atau CMYK.
9. Arahkan krusor ke kotak yang lain untuk mengetahui kode warna.

Seperti inilah penampakan pixel, pada panel INFO kita bisa lihat kotak paling ujung memiliki kode R:47 G:39 B:2. R adalah Red, G adalah Green dan B adalah Blue. Kotak-kotak kecil dengan kode-kode warna inilah yang menyusun sebuah imaji sehingga bisa kita nikmati.
Mari kita bedah sedikit tentang kode warna. Pada dasarnya warna di komputer adalah RGB.  0 - 255 adalah angka intensitas dari warna Red Green Blue di tiap pixel. Tiap warna adalah kombinasi dari warna Red, Green dan Blue. Kombinasi yang paling mudah adalah jika semua angka RGB adalah "0" maka komputer akan membaca pixel itu dengan warna hitam. Kebalikannya jika semua angka di RGB adalah 255, maka akan keluar warna putih. Untuk lebih mudahnya coba anda ubah-ubah slider warna di sini

Pada setiap kamera digital pasti tertera angka megapixel, seperti pada kamera poketnya Didi sony w230 dengan 12 megapixel. Apakah artinya 12,1 megapixel? Berikut penjelasannya:
  1. Mari kita lihat satuan dulu, 1 megapixel berarti 1,000,000 pixel (1 juta).
  2. Foto pohon diatas memiliki dimensi pixel 3000 x 4000 pixel. Mari dikalikan, 3000x4000 = 12.000.000 pixel atau 12 megapixel. Artinya adalah foto pohon diatas memiliki 12 juta kotak-kotak pixel dengan 12 juta kode intensitas warna pula.
  3. Contoh lain, satu file RAW dari kamera Canon 7D memiliki dimensi pixel 5184x 3456. Jumlahnya kalau dikalikan adalah 17,915,904. Artinya Canon 7D memiliki 17,9 megapixels. Coba cek di speclist canon 7D, disebutkan 7D memiliki "18 effective megapixels" itu pembulatan dari 17,9 artinya setiap fotonya memiliki 17,9 juta pixel.
  4. Kamera baru D800 memiliki dimensi pixel kira-kira 7377x4918, berarti memiliki kurang lebih 36,3 juta pixel pada tiap foto. 36,3 megapixels bung, luarrrrrrr biasaaaaaaaa. 
Dengan membandingkan antara  7D (18 megapixel) dengan D800 (36,3 megapixel) bisa ditebak bahwa semakin besar kapasitas megapixel, maka makin rapat pula kotak-kotak pixel, artinya kualitas imaji yang dihasilkan akan lebih halus.

Semoga bermanfaat.
2w_^
0 Komentar untuk "Apa itu Pixel?"

Back To Top