Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Bedah Foto: Pohon

Memotret pohon ternyata tidak semudah menekan shutter release. Sering foto saya tidak seindah yang dilihat kasat mata. Foto saya diatas menurut saya masih banyak kekurangan, karena tidak terlihat gagah seperti yang saya lihat sebenarnya. Biasanya pohon itu saya gunakan sebagai framing saja, nahh sekarang objek utama adalah pohon dan saya menemukan betapa susahnya motret pohon.


Foto yang atas adalah file asli, dengan data teknis: ISO 200, speed 1/400, f/8 mode Manual, saat motret saya underkan 2 stop, jadinya agak gelap gitu. Foto dengan pencahayaan normal itu foto dibawahnya, terang semua, namun tetap saya ndak begitu suka. Dari segi komposisi, pohon terletak di tengah frame terlihat sangat kaku. Saya kurang bergeser ke kiri untuk memisahkan batang pohon dengan daun-daun. Perpaduan warna sebenarnya cukup bagus, biru langit dan hijau daun, namun saya harusnya lebih sore lagi untuk memotret pohon ini untuk mendapatkan warna yang lebih hangat. Sebenarnya ada beberapa foto yang sangat tidak menarik sebelum saya pohon ini. Mari kita lihat:

Foto di atas menggunakan lensa tele 70-200. Saya lihat dari bawah dahan-dahannya tampak indah, namun saya coba beberapa frame, tidak begitu bagus. Mungkin saya yang kurang eksplor kalee. Makanya saya ganti lensa lagi untuk memotret keseluruhan pohon. Anyway, mengapa foto pohon ini saya jadikan hitam putih? Karena saya suka dengan gradasi warnanya, dahan-dahan pohon jadi terlihat sangat kontras dengan yang lain. Ini menjadi salah satu cara untuk mengerucutkan perhatian dengan menampilkan sesuatu yang kontras dalam hal warna. Semoga bermanfaat.

2w_^
Tag : Bedah Foto
0 Komentar untuk "Bedah Foto: Pohon"

Back To Top