Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Berapa framekah yang anda habiskan di 2012?

Tahun 2012 segera berakhir kan, alangkah baik kalau kita mereview kegiatan fotografi yang kita lakukan selama tahun 2012. Terdapat banyak review yang harus dilakukan secara mandiri, salah satunya adalah mengetahui intensitas motret kita dalam 1 tahun. Dengan kata lain berapa frame-kah yang kita jepret selama 1 tahun ini?



Jika anda terorganisir dalam sistem folder, maka akan sangat mudah mengetahui berapa jumlah frame yang kita habiskan selama 1 tahun. Saya selalu memberi nama "M-aster" pada setiap folder saya. Dalam finder kita klik folder 2012, lalu tekan Cmd+F. Lalu klik 2012 di panel search, lalu di kolom text sebelah kanan saya ketik "M-aster". Dengan segera muncul semua folder M-aster di tahun 2012.

Ternyata saya mempunyai 111 folder di tahun 2012. Artinya saya melakukan hunting sebanyak 111. Lalu tekan Cmd+A, lalu Cmd+i (get info) untuk mengetahui berapa banyak file yang ada dalam folder-folder tersebut. Dan saya mendapati hasil yang cukup mengejutkan.
Ternyata saya memiliki 55.635 file foto dengan besar 594,29Gb di dalam 111 folder. Saya tidak percaya kalau saya menghabiskan 55 ribu lebih frame selama 1 tahun. Setelah saya pikir-pikir lagi, ternyata saya motretnya selalu menggunakan file RAW+JPEG L, jadi jumlah file yang 55.635 itu harus dibagi 2. Jadi total jepretan yang saya habiskan selama 2012 ini adalah 27.817. Yang jelas frame sebanyak itu mayoritas saya gunakan untuk: Landscape, Street, Indoor, Wedding, Corporate, Personal Project sama buat tugas sekolah.

Dari review singkat ini bisa kita petik pelajaran:

  1. Seharusnya saya membuat sebuah folder bernama "M-aster RAW" dan "M-aster JPEG-L" untuk membedakan jumlah jepretan saya.
  2. Dalam jangka waktu 1 tahun, saya menghabiskan 594,29Gb. Besar tersebut hanya merupakan file foto, belum lagi jika saya menyimpan file PSD, TIFF, pasti akan memakan ruang yang lebih untuk hard disk external.
  3. Data sebesar 594,29 Gb tersebut harus memiliki back-up dalam hard disk external lainnya, artinya dala setahun saya harus membeli 2 buah HD external dengan besar 1 Tera. Bongko akuuu.....
Kesimpulan
Jika anda menganggap fotografi era modern lebih murah dari pada era film, maka anda harus berpikir 2 kali. 


Tag : infotografi
0 Komentar untuk "Berapa framekah yang anda habiskan di 2012?"

Back To Top