Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

5 hal wajib dilakukan setelah motret

Sikap disiplin dalam dunia fotografi sangat penting. Mulailah disiplin dari hal yang paling awal dulu, yaitu bangun pagi :) dan 5 hal berikut:

1. SEGERA TRANSFER FILE FOTO ANDA.
Wajib hukumnya. Anda tidak pernah tahu kapan anda akan pergi motret lagi. Alangkah baiknya segera mengkosongkan memori card anda. Sesuai pengamatan dan pengalaman saya, malas transfer file sering terjadi saat kita motretnya cuman dikit, 10-100 file. Sering pula kalo kita terlalu capek motret atau terlalu malam pulangnya, ehmmm jangan tidur dulu. Apapun yang terjadi, pastikan segera transfer file anda. Apa yang terjadi bila anda tidak segera mentransfer file anda?

  1. Anda akan merasa sangat kesal kalo lagi on fire hunting terus memori abis karena foto sebelumnya belum anda transfer.
  2. Foto-foto ini udah aku transfer belum ya? Dihapus ndak ya foto ini? Pasti banyak file foto yang sama di harddisk anda.
  3. Bagi pelaku bisnis foto komersil pasti ini adalah SOP, namun ketika kita outsource seseorang atau menggunakan jasa fotografer freelance kita harus segera menagih foto-foto dari seorang freelance tersebut. Usahakan setelah dia selesai melakukan job pemotretan, segera tarik file-filenya. Fotografer juga manusia bung, jadi pasti ada lupanya. Merasa sudah transfer atau setor tapi kenyataannya belum. Saya pernah menghadapi kejadian seperti itu.

2. SEGERA RECHARGE BATEREI KAMERA DAN FLASH
Sekali lagi anda tidak pernah tahu kapan anda akan berangkat motret. Wajib bung, ibarat tank tanpa bahan bakar, menang gagah tapi ndak bisa ngebom. Percuma gagah membawa kamera full frame tapi batereinya hampir habis. Kan ada baterei cadangan. Memang harus di sediakan. Namun akan menjadi bumerang kalo baterei cadangan ternyata dalam kondisi ndak full. Biasakan penempatan yang spesifik. Baterei yang penuh harus parkir jauh dari bateri yang kosong. Dan re-cek lagi baterei-baterei yang kosong, termasuk baterei flash.

3. BERSIHKAN KAMERA & LENSA
Sama seperti kita, abis kerja sampai keringatan, pasti kita mandi biar bersih nan segar. Kamera juga harus mendapatkan perlakuan yang sama. Minimal di blower saja kalo malas gosok-gosok pake lenspen. Jangan lupa kamera di taruh di tempat yang aman dan nyaman, yaitu drybox. Pisahkan tali kamera dengan kamera, terkadang tali kamera itu lembab karena kena keringat di leher kita. Lebih baik lagi kalo kamera anda punya nama, jadi anda bisa ucapkan "Good Night Indrii (nama kameraku), Besok kita duet maut lagi ya."



4. SEGERA PILIH FOTO
Minimal anda sudah memilih foto yang anda sukai. Jangan malas memilih foto. Semakin anda menunda pemilihan foto, semakin menumpuk kerjaan untuk memilih foto. Banyak software untuk pilih-pilih foto. Favorit saya adalah Photo Mechanic. Bisa juga pake Adobe Bridge.


5. EDIT FOTO FAVORIT
Pasti ada donk foto favorit saat hunting atau assignment. Selalu saya lihat rekan kerja saya melakukan hal ini, mengapa? Kalau klien mendadak minta review foto, kita sudah siap. Selain foto favorit, biasanya juga ngedit foto dokumnetasi yang lucu-lucu, kadang malah lebih lama ngedit foto yang lucu daripada foto favorit...

Semoga bermanfaat buat anda semua
Tag : tips
0 Komentar untuk "5 hal wajib dilakukan setelah motret"

Back To Top