Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Komposisi: Statis juga bisa manis.

Banyak hal yang bisa dpelajari dari sebuah komposisi, karena komposisi merupakan penempatan objek yang ada untuk mengisi sebuah bingkai, baik lukisan maupun foto. Ada yang dinamis, ada pula yang statis. Kali ini saya akan membahas bagaimana komposisi statis bisa berubah menjadi manis.
Apa itu Statis?
Arti kata statis adalah tetap, stagnan, tidak bergerak. Entah kesepakatan bersama atau memang sebuah terapan, dikatakan komposisi statis itu apabila objek utama ada tepat di tengah-tengah frame. Terlepas objeknya bergerak atau tidak. Guru visual komunikasi saya juga menyatakan hal yang serupa, statis itu objeknya tepat berada di tengah frame. Oleh karena itu foto dengan komposisi ini tidak "dinamis", dalam artian tidak sedinamis foto dengan objek di pinggir (selain di tengah).

Pada saat pertama belajar fotografi, kebanyakan memang objek saya taruh di tengah. Terkadang terlihat membosankan, terkadang asyik juga. Komposisi favorit memang tergantung selera, karena selera penikmat foto maupun kritikus foto juga sangat beragam. Namun tidak ada salahnya motret dengan komposisi statis. Ada tips dan trik ketika kita suka dengan komposisi statis ini.  Mari kita simak:

Warna
Memberi satu sentuhan warna agar tidak membosankan. Diusahakan warna dari subjek cukup dominan. Arti dominan disini adalah eye catching atau langsung menarik perhatian. Apalagi kalau warna primer bisa dihadirkan di tengah frame, pasti komposisi statis agar jadi lebih manis.

Efek Gerak
Gunakan speed lambat untuk mendapatkan efek gerak, namun sang subjek yang di tengah diusahakan pas tidak bergerak. Efek gerak dari orang-orang sekitarnya membuat foto terasa lebih hidup meskipun kita mengkomposisikannya secara statis. Saya sarankan jika menggunakan speed lambat, lebih baik kalau pakai continuous shutter. Tidak perlu berdetik-detik, cukup 1/15 atau 1/4 sudah bisa menimbulkan efek gerak.

Objek Unik 
Carilah objek yang unik ketika melakukan komposisi statis dan juga pencahayaan yang unik pula, seperti contoh foto diatas. Foto yang saya ambil di saat matahari terbit. Niatnya mau bikin foto siluet, namun karena tekstur bunganya menarik, jadi posisi matahari saya posisikan tepat di belakang bungan, sehingga bunga terlihat seperti bersinar.

Kesimpulan
Carilah sesuatu yang beda untuk menghasilkan foto yang baik walau komposisinya statis. Jangan takut memotret sesuatu yang dianggap orang membosankan, dan putar balik anggapan tersebut dengan karya foto anda.

Tetap statis tetap mani Ya ^^
0 Komentar untuk "Komposisi: Statis juga bisa manis."

Back To Top