Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Bedah Foto: Liquid Butterfly


Internet bisa menjadi gudang inspirasi fotografi. Foto diatas merupakan inspirasi dari fotonya Alex Koloskov, masternya fotografi liquid. Bagaimana cara membuatnya? Mari kita bedah bersama-sama.

1. Motret percikan air
Yang kita perlukan adalah foto-foto percikan air. Untuk menghasilkan foto-foto percikan air, baik persiapan, teknik pemotretannya bisa dilihat postingan saya tentang water droplet. Bedanya, saya motretnya kali ini bukan tetesan air, namun jatuhnya air saat saya bermain-main dengan nampan/tatakan. Mari kita lihat diagramnya:


Karena mengandung banyak percikan air, maka ada baiknya flash yang menembak background di tutup dengan kain atau plastik. Lebih dari 100 foto percikan saya hasilkan, namun hanya 5 yang saya pakai untuk membuat liquid butterfly. Berikut adalah contact sheetnya:

2. Editing
Yang dibutuhkan adalah:

  1. Photoshop, cs berapapun.
  2. Pen Tool: untuk melakukan seleksi.
  3. 1 Foto yang memiliki bentuk seperti sayap kupu.
  4. 1 Foto yang memiliki bentuk seperti body kupu.
  5. 1 Foto yang memiliki bentuk seperti matanya kupu.
  6. 1 Foto yang memiliki bentuk titik-titik air.
  7. 1 Foto yang sebagai background.


Screenshoot diatas merupakan bahan-bahan yang saya gunakan untuk membuat liquid butterfly. Saya sebenarnya benci harus melakukan seleksi dengan Pen Tool, karena saya ini orangnya ndak sabaran dan tidak rapi dalam membuat seleksi. Namun dengan keyakinan bahwa saya bisa, maka jadilah liquid butterfly, yang kalau dibandingkan punya Alex Koloskov mungkin masih jauhhhhhhhhhh berbeda. Berikut adalah hasil foto dan editan bung Alex:
Tip membuat foto ini bisa dilihat di websitenya Alex Koloskov. Sumber disini.
Kesimpulan
Yang menjadi catatan: saya menjadikan foto Alex Koloskov sebagai inspirasi. Karena liquid fotografi adalah hal baru bagi saya, maka saya juga belajar bagaimana motret liquid dengan peralatan yang sederhana baik di dapur maupun di kamar mandi.

Semoga memberi inspirasi untuk tetap berkarya.
2w_^

0 Komentar untuk "Bedah Foto: Liquid Butterfly"

Back To Top