Wednesday, September 26, 2012

Photo-walk bersama Trey Ratcliff

Saya didepan sendiri... Foto oleh Eaton Zhou
Kemarin (25-09-12) adalah pengalaman pertama saya ikutan photo-walk. Secara tidak sengaja saya membaca invitation Trey Ratcliff di G+. Lokasi photo-walknya deket sekolah lagi, jadi sebuah kesempatan besar bisa ketemu fotografer yang terkenal dengan teknik HDRnya itu.
Trey berbagi pengalaman dengan peserta sebelum melakukan photo-walk
Sebelum jalan-jalan sambil motret alias photo-walk, Trey memberi sedikit petuah. Dia mengatakan bahwa kita sebagai fotografer harus sebisa mungkin menciptakan sesuatu yang baru, harus bisa berinovasi dalam menghasilkan suatu karya visual, serta harus konsisten. Berkenaan dengan konsistensi, Trey sendiri sangat konsen menghasilkan karya-karya dengan teknik HDR. Selain itu Trey mengungkapkan bahwa alat hanyalah sebatas fasilitas, menggunakan kamera apapun yang penting orisinil karya kita sendiri. Trey-pun menggunakan kamera mirrorless Sony Nex7 sebagai kamera kedua, sedang D800 digunakan Trey sebagai kamera utama. Satu hal lagi yang penting menurut Trey adalah berbagi. Baik berbagi melalui FB, twitter, 500px, flickr ataupun G+. Perlu diketahui, follower Trey di G+ mencapai 3,5 juta orang lebih.

Setelah dialog tersebut, mulailah photo-walk di sekitaran Circular Quay dan The Rock. Puluhan fotografer berbondong-bondong mengeluarkan kamera dan mulai motret. Saya lebih memilih agak menjauh dari rombongan karena sudah tidak ada ruang yang nyaman buat motret Sydney Opera House di Circular Quay. Trey menghimbau peserta agar upload foto di G+ dengan hastag TRSydneyPhotoWalk.
Berhubung Trey adalah fotografer yang terkenal dengan teknik HDR, sayapun berusaha menghasilkan foto dengan teknik HDR. Berikut adalah foto yang saya upload di G+
Ini adalah gabungan 3 foto dengan pencahayaan -1 1/3, normal dan +1 1/3. Kamera saya taruh di bawah (berhubung tidak bawa tripod), ISO 200, diafragma 11 dengan rangkaian speed 6 detik, 15 detik dan 30 detik. Saya menggunakan software Nik HDR Efex Pro2 mempermudah proses HDR.

Kesimpulan
Seorang Trey konsisten dengan 1 hal, yaitu HDR, dan itu membawa dirinya bisa berkeliling dunia sebagai fotografer traveler dan explorer. Mari menjaga konsistensi kita di dunia fotografi dengan terus berkarya.

Semoga bermanfaat.
2w_^

No comments:

Post a Comment