Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

7 tips fotografi jurnalistik dari Fotografer Reuters Damir Sagolj

Pengalaman adalah guru paling berharga bukan. Belajar dari pengalaman fotografer lain juga merupakan pelajaran penting. Damir Sagolj adalah fotografer Reuters yang berdomisili di Bangkok. Dia menuturkan 7 tips dalam fotografi jurnalistik.

1. Antisipasi
Damir menuturkan bahwa kita harus lebih sering motret sebelum berada di lapangan dengan situasi yang sebenarnya, sehingga kita tidak akan dibingungkan dengan setting kamera dan hanya fokus untuk mendapatkan momen.

2. Penelitian

Point ini berkaitan dengan cerita yang kita bangun. Apabila akan mengunjungi suatu negara yang belum pernah kita kunjungi, maka penelitian jauh-jauh hari menjadi penting. Kita harus mengetahui semuanya tentang negara tujuan, terutama isu apa saja yang bakal kita angkat di masa mendatang.

3. Reach Out
Kita harus mempunyai banyak teman dan koneksi saat di negara yang belum pernah kita kunjungi. Damir menjelaskan bahwa kita harus merangkul dan berteman (sebanyak mungkin) dengan orang-orang lokal seperti pengemudi, penterjemah, fixer, karena kita tidak pernah tahu kapan kita membutuhkan bantuan mereka.

4. Prioritas
Saat berada di lapangan, Damir mengungkapkan bahwa kita harus mengetahui apa prioritas yang harus di foto, karena tidak mungkin semuanya kita foto sekaligus. Mengerti ambisi diri sendiri, mengerti kekuatan kita ada dimana, diskusi dengan tim, lalu kita fokuskan cerita apa yang akan kita angkat.

5. Latihan
Bagi Damir latihan menguasai kamera dan tahu bagaimana cara memaksimalkan kamera yang kita tahu (kita punya) adalah hal paling penting, daripada menggunakan kamera dengan tekologi terkini namun kurang nyaman menggunakannya.

6. Bergaul
Damir mengungkapkan bahwa meluangkanlah waktu senggang bercengkrama dengan orang-orang lokal, daripada melihat dan mereview hasil foto di malam hari atau di waktu senggang.

7. Tak terlihat
Sebisa mungkin Damir menjadi fotografer yang tak terlihat atau invisible. Damir mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan mulai memotret dahulu saat berada di lokasi.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak videonya:

7 Photojournalism Tips by Reuters Photographer Damir Sagolj from Thomson Reuters Foundation on Vimeo.

Semoga bermanfaat
2w_^
0 Komentar untuk "7 tips fotografi jurnalistik dari Fotografer Reuters Damir Sagolj"

Back To Top