Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Bedah Foto: iPhone 5 vs D200

Sumber foto: Apple
Hari ini dikabarkan bahwa iPhone5 diluncurkan. Dapat dipastikan akan ada antrian panjang di Apple Store untuk membeli smart phone ini. Yang bikin penasaran adalah hasil jepretan dari iPhone5. Selidik punya selidik, ternyata iPhone5 memiliki 8Mb. Cukup besar untuk ukuran kamera HP. Saya masih ingat dulu saya punya kamera poket Sanyo dengan resolusi 2Mb. Kamera HP jaman sekarang udah memiliki resolusi yang cukup tinggi, apalagi nokia Lumia, ampun-ampun gedenya 40mb.


Nahh saya ingin membandingkan kualitas foto dari iPhone dengan hasil foto dari kamera D200. Adilkah membandingkan hasil foto dari kamera handphone dengan kamera DSLR? Saya memilih membandingkan dengan D200 karena D200 memiliki resolusi 10Mb, yang hampir sama dengan iPhone5 yaitu 8Mb, terlepas dari sensornya ya. Mari kita bedah bersama-sama foto diatas dulu.

Mari kita lihat image size di photoshop:
Dari pixelnya, mari kita kalikan dimensi pixelnya: 3264x2448 = 7990272, artinya 7,99 Mb atau dibulatkan menjadi 8 Mb. Artinya memang benar kalo iPhone5 menghasilkan foto dengan resolusi 8Mb.

Penasaran nehh ama data teknisnya, jadi mari kita lihat via file info di photoshop:
Ternyata kamera HP ini menggunakan f/2.4, pantesan aja blurnya keren. Semakin mengerikan saja teknologi kamera HP jaman sekarang. Kalau ada kamera HP yang punya kemampuan bukaan lensa f/1.8, lensa murmer 50mm f/1.8 mungkin bakal tidak laku lagi.

Anyway, berikutnya mari kita lihat perbesaran 100%, sekaligus membadingkannya dengan hasil foto dari D200:
Pixel-pixel dari kamera iPhone5 masih terlihat meskipun berada di ISO 50. Dari segi kerapatan pixel, jelas D200 lebih unggul. Yang menjadi catatan adalah kualitas kerapatan pixel yang ada pada kamera iPhone5 ini bisa saya katakan mendekati D200.

Kualitas bokeh juga harus di bandingkan, mariiiiiiiiii:
Wahhh wahh wahhhh, saya jelas tidak terima dengan hasil ini. Hasilnya ternyata hampir sama dengan jepretan saya yang menggunakan lensa sigma 17-70 Macro f/2.8. Teknologi oh teknologi.

Kesimpulan:
MAUT!

TetapSemangat!
2w_^
0 Komentar untuk "Bedah Foto: iPhone 5 vs D200"

Back To Top