Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Landscape: motret detail

Persepsi awal saya tentang foto-foto landscape adalah selalu identik dengan lensa wide. Wajar jika saya berpendapat seperti itu di awal-awal saya belajar, karena lebih sering melihat lanscape yang wide dalam visual literacy saya. Selain itu saya belum terjun langsung memotret landscape secara serius, belum pernah punya lensa tele (punya lensa standart aja).

Saat motret foto diatas, saya melihat bagian yang menarik dari bukit itu. Dan ternyata itu adalah sebuah track untuk para pejalan kaki. Tak perlu nunggu lama, muncullah seseorang disana. Nah saat itulah saya mengganti lensa saya dengan lensa tele 70-200mm. Foto dibawah ini sudah mentok di focal lenght 50mm. Bagian detail yang saya incar adalah yang saya kotak merah.

Begitu saya sudah ganti lensa, maka tinggal menunggu momen munculnya orang-orang yang berjalan atau berlari melewati bukit itu. Di benak saya jelas terpikirkan untuk membuat foto siluet, baik itu vertikal maupun horisontal. Sabar menanti pasti ada hasil yang pasti. Seperti foto berikut ini:

Focal length pada kedua foto diatas adalah 200mm. Detail dari hamparan pemandangan yang luas sangat menarik untuk difoto. Memang pengalaman adalah guru yang paling berharga. Tanpa pernah motret landscape dengan menggunakan lensa tele pinjaman ini, saya tidak mungkin belajar motret detail dari sebuah landscape yang ada di depan mata saya.
Dalam memotret sebuah detail dari landscape ada beberapa hal yang harus kita perhatikan:
  1. Perhatikan detail dari hamparan landscape di hadapan anda.
  2. Carilah sesuatu yang mengandung kontras, mulai dari teksturnya, bentuknya, ataupun lightingnya.
  3. Gunakan lensa Tele. Kalau bisa lebih dari 200mm, biar detailnya lebih jelas.
  4. Jangan lupa format vertikal dan horisontal.
  5. Untuk menghindari shaking, gunakan tripod. 
  6. Jangan ragu untuk mengulangi foto dan pastikan tidak shaking.
Semoga bermanfaat dan tetap semangat!!!
2w_^
0 Komentar untuk "Landscape: motret detail"

Back To Top