Pengunjung

Viewers

Powered by Blogger.

Label

Translate

Popular

Contributors

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

EOS M: Canon pun mirrorless

Sumber foto
Bagi pemilik canon G1x, siap-siap punya adek baru yang lebih funky dan lebih mungil, yaitu Canon EOS M. Kamera ini adalah kamera mirrorless yang sudah dinanti-nanti pecinta canon. Maklumlah para pesaing Canon sudah punya kamera dengan sistem mirrorless.

Menurut review dari Ken Rockwell, EOS M merupakan "The world's first serious mirrorless camera". Ahh masak iya sih?? Saya sih tidak percaya 100%. Maka saya cari review-review lain seperti di dpreview, Cnet, ephotozine, dan video-video di youtube. Hal pertama yang bikin saya kaget adalah ukuran sensor. Seperti yang dicantumkan di dpreview, EOS M ini memiliki ukuran sensor CMOS yang sama dengan 7D, yaitu APS-C 22.3 x 14.9mm. Dan secara fisik, EOS M hampir sama dengan kamera poket Canon S100. Ukuran mini dengan output yang gede.
Dari review yang saya baca, berikut fitur-fitur utama Canon EOS M:

  1. Sensor gede: 22.3 x 14.9mm (1.6x).
  2. Resolusi tinggi: 18MP.
  3. ISO komplit: 100 - 12800, bisa di push ke 25600.
  4. Bahan body mantap: Magnsium, seperti layaknya kamera DSLR.
  5. Interchangeable lenses: lensa bisa di ganti-ganti.
  6. Dilengkapi 3" Touch-screen: mirip dengan 650D.
  7. Bisa Full-HD video: 1080p Full HD video at 30p.
  8. Sudah Build-in STEREO microphone.
  9. Dimensi mungil: 10.86 x 6.65 x 3.23 cm
  10. Bobot ringan:  298 gram dengan baterei dan kartu.
  11. Memori Card: SD, SDHC, SDXC dan UHS-I.
  12. Ada RAW file format.
  13. Paling penting nihh: ada mode MANUAL.
sumber foto
Menurut informasi yang beredar di canonrumor, dalam kamera mungil ini akan berada di pasaran mulai Oktober 2012, jadi sekarang masih dalam masa inden. Harganya berkisar US$800 komplit dengan lensa pancake 22mm f/2 STM Lens Cap E-43, Lens Dust Cap EB, Strap EM-100DB, Battery Charger LC-E12, Battery Pack LP-E12, Battery Cover, CD EOS Digital Solution Disk dan kartu Kit Warranty. Satu hal lagi yang keren dari EOS M adalah kita bisa menggunakan lensa-lensa Canon yang DSLR (L series, IS dkk) dengan memasang converter, tapi siap-siap merogoh dompet agak dalam karena harga converternya sendiri sekitar US$200. Penasaran dengan kamera ini, simak video iklan dari EOS M berikut ini:


Pertanyaan lain yang tidak kalah penting adalah kamera ini cocok untuk siapa? Ehmmm, sepertinya cocok bagi siapa saja. Bagi saya, kamera mungil dengan kemampuan DSLR dan Video HD merupakan impian dari para traveler. 

Kesimpulan:
Semakin hari kamera semakin kecil dan memiliki kemampuan seperti kamera-kamera besar. Bisa jadi, produk ini merupakan trend teknologi kamera di tahun 2013. 


Semangat,
2w_^
Tag : review
0 Komentar untuk "EOS M: Canon pun mirrorless"

Back To Top