Friday, December 11, 2009

Olah Digital - Rekomposisi dan Edit background

Ini foto keluarga hasil jepretan sendiri di rumah

Jelek sekali ... hehehe ... Posisi berdiri Amjad terlalu ke kiri, latar belakang juga tidak menunjang, jadi harus dilakukan penyesuaian. Kalau sudah begini, mau gak mau Photoshop harus turun tangan.

Untuk awalnya, saya isolasi dulu Amjad & bagian di sebelah kirinya.

Klik Copy, lalu klik dan tahan marquee-nya sambil digeser ke kanan sampai di tempat yang rasanya enak untuk dilihat.
Klik Paste, maka Amjad pun berpindah tempat :-)


Selanjutnya pekerjaan dikonsentrasikan untuk mengubah background
Supaya gampang, saya buat layer baru yang diberi warna sesuai dengan yang diinginkan. Supaya gampang saya ambil warna coklat dari pintu yg ada.
Setelah itu pakai Eraser untuk menghapus sebagian layer depan sampai gambar keluarga seluruhnya tampak. Layer depan bisa di-merge ke layer awal & hasilnya semua background tertutup.


Untuk editing selanjutnya, kita bisa gunakan Magic Wand untuk melakukan seleksi atas seluruh background. Supaya tidak tampak kaku, background yang baru diubah ini diberi tekstur (Filter --> Texture --> Texturizer) lalu dibuat blur (Filter --> Blur --> Lens Blur) agar tidak mengalahkan ketajaman obyek utama. Background juga bisa diatur lagi warnanya


Untuk menyamarkan sambungan antara obyek utama & background, saya tambahkan lagi efek pencahayaan (Filter --> Render --> Lighting effects) dengan opsi Spotlight
Hasil akhirnya seperti ini:


Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment