Tuesday, April 13, 2010

Horison Miring di Foto Landscape

Salah satu aturan yang harus dipenuhi dalam pemotretan landscape adalah horison harus datar. Pertemuan antara bumi dan langit di kejauhan ini memang disebut horison, batas pandangan horisontal, jadi memang sudah sewajarnya harus ditampilkan datar. Tapi pada kenyataannya banyak foto yang di-upload dengan kondisi horison yang miring, seperti foto yang di-upload oleh anak saya berikut ini:

Horison yang miring mungkin disebabkan oleh tekanan jari pada shutter ketika memotret, jadi bagian sebelah kanan menjadi lebih rendah. Untuk menghindari kondisi ini, ada beberapa cara yang bisa ditempuh:
  1. Perbaiki cara memegang kamera. Gunakan tangan kiri untuk menyangga kamera agar posisi kamera lebih stabil.
  2. Tekan shutter dengan gerakan "meremas", bukan "memukul" shutter dengan jari telunjuk. Yang dimaksud di sini adalah gerakan telunjuk ketika menekan harus diimbangi dengan jempol :-)
  3.  Gunakan shutter auto-timer 2 detik sehingga tidak terjadi guncangan kamera
  4. Gunakan tripod 
Tapi bagaimana jika potret sudah terlanjur jadi seperti foto di atas itu?
Tentu foto itu masih bisa di-edit dengan Photoshop. Ada 2 cara yang mungkin dilakukan:

1. Rotate Canvas
Klik Image -> Rotate canvas -> Arbitrary. Pilih CCW (counter clock wise) dan masukkan nilai yang diperlukan. Cara ini cepat, tetapi tidak ada feedback/ patokan untuk memastikan seberapa datar horison setelah dikoreksi.
 

2. Lens Distortion Correction
Klik Filter -> Distort -> Lens Correction. Kelebihan dari cara ini adalah adanya grid yang bisa menjadi patokan seberapa datar horison gambar. Masukkan angka pada kotak Angle di kolom sebelah kanan. Efeknya dapat diamati dengan membandingkan garis horison dengan garis-garis horisontal pada grid.

Angka 0 berarti posisi vertikal yang ditunjukkan dengan garis pada lingkaran. Dalam sebuah lingkaran, angka 0 ini akan bernilai sama dengan 360. selanjutnya, jika diisi angka 1, 2, dst. gambar akan memutar berlawanan arah jarum jam (CCW) sedangkan jika diisi 359, 358, dst. gambar akan memutar searah jarum jam (CW)


Mungkin ada yang mengetahui cara lain untuk meluruskan horison? Silakan dishare
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment