Sunday, January 3, 2010

Tips - HDR untuk Obyek Gelap

Kereta Kuno di Hari Cerah


Akhir tahun lalu saya bersama keluarga mengunjungi Museum Kereta Api di Ambarawa. Tiket masuknya murah meriah, Rp 3000 untuk dewasa dan Rp 2000 untuk anak-anak, jadi kami berempat hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk masuk ke museum & melihat-lihat koleksi di dalamnya.

Ada lebih dari 25 lokomotif kereta api kuno berbahan bakar batubara yang tersimpan di sana. Dengan stasiun yang settingnya dipertahankan tetap seperti pada masa kolonial Belanda, lokasi ini sangat menarik untuk pemotretan model atau pre-wed dengan tema Colonial. Selain koleksi lokomotif, program menarik yang ditawarkan oleh Museum ini adalah kereta api wisata dengan rute pegunungan di sekitar Ambarawa. Sayang, karena kami dalam perjalanan, waktu yang ada tidak mengizinkan untuk dapat menikmati program kereta wisata tersebut.

Koleksi lokomotif kuno yang bercat warna hitam menjadi tricky ketika dipotret di siang hari dengan langit yang cerah. Penggunaan metering dengan multisegment atau centre-weighted akan menyebabkan langit menjadi over-exposed dan kehilangan warna birunya, sedangkan penggunaan average metering akan menyebabkan badan kereta menjadi terlalu gelap dan kehilangan detilnya. Untuk mengatasi problem itu, saya memotret dengan menggunakan mode bracketing, 3 exposure dengan selisih (+-) 1 EV setiap frame. Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut:

Selanjutnya, untuk mengolah ketiga frame tersebut dengan teknik HDR, sayagunakan software Dynamic-Photo HDRI dengan mode ultra contrast. Hasil akhir yang diperoleh adalah sebagai berikut:

Untuk mendapatkan software Dynamic HDRI, silakan men-download di sini:
Download Dynamic-Photo HDRI
Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment